Tentang STITEKNAS Jambi

Visi STITEKNAS Jambi

Pada tahun 2030, STITEKNAS menjadi pusat transformasi pembelajaran dan pengembangan ilmu pengetahuan Ilmu Ketenikan yang berakhlak mulia untuk kesejahteraan masyarakat di Provinsi Jambi

Misi STITEKNAS Jambi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan kegiatan pembelajaran yang berkualitas, efisien, efektif dan akuntabel dengan suasana akademik yang kondusif.
  2. Mengembangkan penelitian melalui kegiatan penelitian dan pengembangan bidang Teknik Industri dan Teknik Mesin.
  3. Melaksanakan tanggung jawab sosial kepada masyarakat dengan penerapan hasil-hasil penelitian yang aplikatif.
  4. Mengembangkan kurikulum yang fleksibel dan relevan dengan kebutuhan lokal, regional.

Tujuan Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi di STITEKNAS Jambi

  1. Memiliki kemampuan untuk mengembangkan teknologi industri dan mesin spektrum luas sesuai dengan tuntutan kerja yang sesuai dengan KKNI.
  2. Memiliki kemampuan untuk bekerja secara mandiri dan atau berpartisipasi dalam pengembangan serta pembangunan daerah dan nasional yang bernuansa teknologi.
  3. Memiliki kemampuan memecahkan masalah yang bernuansa teknologi industri dan mesin, baik yang berkaitan dengan pengembangan keilmuan/teori maupun dalam mendukung pengembangan industri dalam rangka otonomi daerah.
  4. Memiliki keterampilan teknis di bidang mesin dan industri yang memadai serta mampu berkomunikasi aktif dengan menggunakan Bahasa Inggris sehingga siap bersaing di era globalisasi.

stiteknas-jambi

Under construction!!!

Telah ditegaskan pada pembukaan UUD 1945 bahwa dalam rangka mencapai tujuan nasional, prasyarat yang harus dipenuhi adalah pencerdasan kehidupan bangsa. Dari pengalaman pembangunan ekonomi berbagai negara juga diakui bahwa salah satu kunci sukses pembangunan suatu negara adalah human investment. Oleh karena itu dalam konteks pembangunan jangka panjang yang diprioritaskan pada bidang ekonomi dengan titik berat pada sektor agroindustri dan industri infrastruktur, pembangunan pendidikan selaku bidang yang langsung membidani dan memberdayakan sumber daya manusia merupakan bidang strategis yang mutlak harus ditangani. Sejalan dengan ini, maka upaya pengembangan pendidikan tinggi yang menyiapkan keahlian-keahlian keteknikan sesuai kemajuan IPTEK dan potensi daerah guna menopang otonomi daerah pada akhirnya merupakan sendi-sendi kekuatan pembangunan nasional yang perlu terus dikembangkan.

Sekolah Tinggi Teknologi Nasional (STITEKNAS) Jambi pada mulanya adalah Institut Teknologi Nasional (ITN) Jambi didirikan oleh Yayasan Mulia Pratama Indonesia Jambi pada 16 Juni 2001 yang perkuliahannya diselenggarakan di SMK Satria Kenali Asam , Kota Jambi.

Secara Kronologis pendirian Sekolah Tinggi Teknologi Nasional (STITEKNAS) Jambi adalah sebagai berikut:

  1. Pada Tanggal 02 Mei tahun 2000 diadakan Rapat Perdana yang dihadiri oleh:
    • Dr. Sjarkawi
    • Drs. Sumarno
    • Dra. Sri Wahyuni
    • Jufriono, S.Pd
    • Drs. Sutrisno, M.Sc, Ph.D
    • Drs. Mimin Arifin
    • Drs. Rahmad Purboyono, M.Pd

    memutuskan 2 hal yakni:

    • Mendirikan Yayasan
    • Mengadakan Survei kepada siswa STM dan SMA se-Kota Jambi tentang melanjutkan studi ke bidang teknik
  2. Setelah 2 minggu kemudian kembali mengadakan rapat dan memutuskan membentuk YMPI dan di akta Notariskan yang dihadiri oleh:
    • Dr. Sjarkawi
    • Drs. Sumarno
    • Dra. Sri Wahyuni
    • Jufriono, S.Pd
    • Drs. Sutrisno, M.Sc, Ph.D
    • Drs. Rahmad Purboyono, M.Pd
  3. Kegiatan rapat diadakan di rumah Bapak Drs. Sumarno, M.Pd yang dihadiri oleh guru-guru SMK, Bapak Musa (Mantan Wakil Gubernur Jambi), Bapak Anwir Sudarminto, Ruslan Baharuddin, Jadmiko Edy Siswanto dan Istri, Dr. Sjarkawi, Dr. M.Djauzi Moedzakir, MA, Drs. Sutrisno, M.Sc, Ph.D, Jufriono, S.Pd, Drs. Rahmad Murboyono, M.Pd sepakat untuk mendirikan Institute Teknologi Nasional (ITN) Jambi yang bertempat di SMK Satria.
  4. Menunjuk saudara Drs. Sumarno untuk mengurus Akta Notaris Yayasan Mulia Pratama Indonesia dan akhirnya keluar Akta Notaris No. 01 Tahun 2001.
  5. Rapat lanjutan menunjuk saudara Drs. Sutrisno, M.Sc, Ph.D yang dibantu oleh saudara Suryadi, S.Pd guru SMK Satria untuk membuat usulan pendirian ITN Jambi ke Mendiknas di Jakarta.
  6. Mengutus saudara Dr. M. Djauzi Moedzakir, MA ke Surabaya dan Malang untuk berkonsultasi ke Bapak Ir. Mahirul Mursyid,MT dosen ITS Surabaya tentang kelengkapan pendirian Perguruan Tinggi sekaligus masalah kurikulum bidang keteknikan.
  7. Mempresentasikan usulan pendirian ITN Jambi oleh saudara Drs. Sutrisno, M.Sc, Ph.D dihadapan Bapak Gubernur atas dorongan dan saran dari Bapak Anwir Sudarminto, bahwa Bapak Gubernur H. Zulkifli Nurdin merespon sangat positif, untuk pendirian ITN Jambi.
  8. Usulan pendirian ITN Jambi disampaikan ke Jakarta beserta rekomendasi Bapak Gubernur Jambi oleh Bapak Drs. Rahmad Murboyono, M.Pd.
  9. Dengan susah payah akhirnya dikeluarkan Surat Pertimbangan oleh Bapak Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi agar pendirian ITN Jambi dapat dilanjutkan.
  10. Revisi usulan dilengkapi oleh Bapak Dr. M. Djauzi Moedzakir, MA dan kawan-kawan dirumah Bapak Dr. Sjarkawi hingga tuntas untuk diusulkan kembali usulan pendirian yang dimaksud.
  11. Menugaskan saudara Drs. Sutrisno, M.Sc, Ph.D untuk menindaklanjuti usulan ITN Jambi ke Jakarta yang selanjutnya namanya dirubah menjadi STITEKNAS Jambi berdasarkan ketentuan yang berlaku.
  12. Akhirnya, dikeluarkan izin operasional pembukaan tertanggal 10 Juni 2003 (SK Mendiknas RI No. 74/D/O/2003) yang diambil langsung oleh Bapak Dr. Sjarkawi di Jakarta.
  13. Atas dasar keputusan rapat dirumah Bapak Jufriono, S.Pd dan Bapak Dr. Sjarkawi maka STITEKNAS Jambi pindah di Jalan Kapten Bakaruddin No. 45 Sipin Ujung Jambi.
  14. Sejak 2014-sekarang Kampus STITEKNAS Jambi dipindahkan ke eks Gedung Transito di Jl. Kapten Patimura No. 100, Kel. Rawasari, Kec. Alam Barajo, Kota Jambi.
  15. Pada tahun 2015-sekarang dimulai proses pembangunan Kampus STITEKNAS Jambi di Mendalo Darat Kab. Muaro Jambi, yang berstatus sebagai kampus milik sendiri, diharapkan dalam kurun 1 atau 2 tahun ke depan dapat ditempati.